Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49, 50

Posted on

Ngobrasiana.com– Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 1 Halaman 45, 46, 48, 49, 50 pada pembelajaran Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Bekerjasama Mencapai Tujuan  pada Pembelajaran 1 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI.

Pada artikel ini terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 45
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 46
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 48
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 49
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 50

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan.

kelas 6 tema 2 subtema 2 hal 45-50

Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, seharusnya bangsa Indonesia telah merdeka dan terbeda dari segala bentuk penindasan serta penjajahan. Namun, kenyataannya demikian, bangsa Indonesia masih per berjuang mempertahankan kemerdek Indonesia. Mengapa?

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dalam hati!

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda.

Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran di berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.

Bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah?

Pertempuran Surabaya

Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris.

Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.

Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yg berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.

Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat. Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. Peristiwa 10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 45

Berdasarkan teks di atas, isilah peta pikiran berikut menggunakan kalimat efektif!

kunci jawaban kelas 6 tema 2 halaman 45

Alternatif Jawaban :

Apa?

Pertempuran pasukan Inggris dengan Indonesia di Surabaya.

Mengapa?

Karena ultimatum Inggris ditolak oleh pihak Indonesia.

Siapa?

Inggris dan Indonesia

Bagaimana?

Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris. Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum, Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat.

Kapan?

10 November 1945

Dimana?

Surabaya

Diskusikan peta pikiranmu secara berpasangan! Kamu dapat mengembangkan peta pikiran yang telah kamu buat menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri.

Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK.

Baca Juga  Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 27, 28, 29

Ciri-ciri kalimat efektif :

  • Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
  • Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
  • Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
  • Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 46

Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah kamu buat! Gunakan kalimat efektif.

Pertempuran Surabaya terjadi pada tanggal 27 Oktober – 20 November 1945 bertempat di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pertempuran ini melibatkan rakyat Indonesia dan tentara Inggris. Puncak pertempuran Surabaya setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby pada tanggal 30 Oktober 1945. Rakyat Indonesia tidak mengacuhkan ultimatum yang diberikan pihak tentara Inggris, rakyat Indonesia melakukan pertempuran hebat melawan tentara Inggris yang berlangsung sekitar 3 minggu.

Perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Sangat diperlukan kerja sama dan persatuan dari seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita untuk menjadi bangsa yang bebas dan merdeka dapat tercapai.

Baca kembali teks tentang Pertempuran Surabaya dan jawab pertanyaan berikut!

Apa makna yang dapat kamu petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya?

Jawaban:

Perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan berbagai strategi yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Selain itu, persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting dalam mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!

Pertempuran Surabaya adalah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masih banyak perjuangan lain yang dilakukan di berbagai daerah, misalnya Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Bandung Lautan Api, Agresi Militer Belanda I, dan Agresi Militer Belanda II.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 47

Kamu akan mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok dengan pembagian tugas sebagai berikut:

kunci jawaban kelas 6 tema 2 halaman 47

Setelah membuat peta pikiran, tuliskan komentarmu tentang upaya yang dilakukan oleh para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!

Kamu akan mempresentasikan tugas ini pada Pembelajaran 5.

kerangka pertempuran ambarawa

Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa

Apa?

Pertempuran Pasukan Sekutu dan NICA dengan Indonesia di Ambarawa.

Mengapa?

Ketika pasukan Sekutu dan NICA telah sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.

Siapa?

Pasukan Sekutu, NICA dan TKR Indonesia.

Bagaimana?

Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa. Kolonel Soedirman langsung memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung. Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

Kapan?

12-15 Desember 1945

Dimana?

Ambarawa

kerangka pertempuran medan area

Peta Pikiran Pertempuran Medan Area

Apa?

Pertempuran Medan Area adalah sebuah peristiwa perlawanan rakyat terhadap Sekutu yang terjadi di Medan, Sumatra Utara.

Mengapa?

Kedatangan tentara sekutu (Inggris) ini diikuti oleh pasukan sekutu dan NICA yang dipersiapkan untuk mengambil alih pemerintahan. Kedatangan tentara sekutu dan NICA ternyata memancing berbagai insiden terjadi di Hotel yang terletak di Jalan Bali, Kota Medan, Sumatra Utara pada tanggal 13 Oktober 1945.

Baca Juga  Kunci Jawaban Tematik Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman  66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Siapa?

Tentara Sekutu dan NICA dengan Pasukan Indonesia.

Bagaimana?

Pada tanggal 10 Desember 1945, Sekutu dan NICA melancarkan serangan besar-besaran terhadap Kota Medan. Serangan ini menimbulkan banyak korban di kedua belah pihak. Pada bulan April 1946, Sekutu berhasil menduduki Kota Medan. Untuk sementara waktu pusat perjuangan rakyat Medan kemudian dipindahkan ke Siantar, sementara itu perlawanan para laskar pemuda dipindahkan keluar Kota Medan. Perlawanan terhadap sekutu semakin sengit pada tanggal 10 Agustus 1946 di Tebing Tinggi.

Kapan?

13 Oktober 1945 – 1947

Di mana?

Medan, Sumatra Utara.

kerangka pertempuran bandung lautan api

Peta Pikiran Bandung Lautan Api

Apa?

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946.

Mengapa?

Untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Siapa?

Tentara sekutu dan tentara NICA Belanda dengan Penduduk Bandung.

Bagaimana?

Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut.

Kapan?

23 Maret 1946

Dimana?

Bandung

kerangka pertempuran agresi belanda 1

Peta Pikiran Agresi Militer Belanda I

Apa?

Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia yang dilaksanakan dari 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.

Mengapa?

Operasi militer ini merupakan bagian dari Aksi Polisionil yang diberlakukan Belanda dalam rangka mempertahankan penafsiran Belanda atas Perundingan Linggarjati. Dari sudut pandang Republik Indonesia, operasi ini dianggap merupakan pelanggaran dari hasil Perundingan Linggarjati.

Siapa?

Belanda dan Indonesia

Bagaimana?

Agresi militer Belanda I dimulai tanggal 21 Juli 1947. Belanda berhasil menerobos ke daerah-daerah yang dikuasai oleh Republik Indonesia di Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Fokus serangan tentara Belanda di tiga tempat, yaitu Sumatra Timur, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Sumatra Timur, sasaran mereka adalah daerah perkebunan tembakau, di Jawa Tengah mereka menguasai seluruh pantai utara, dan di Jawa Timur, sasaran utamanya adalah wilayah yang terdapat perkebunan tebu dan pabrik-pabrik gula.

Kapan?

21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.

Dimana?

Indonesia (daerah-daerah yang kaya dengan perkebunan)

kerangka pertempuran agresi belanda 2

Peta Pikiran Agresi Militer Belanda II

Apa?

Agresi Militer Belanda II atau Operasi Gagak terjadi pada 19 Desember 1948 yang diawali dengan serangan terhadap Yogyakarta.

Mengapa?

Pihak belanda yang tetap bersikukuh menguasai indonesia mencari dalih untuk dapat melanggar perjanjian yang telah disepakati. bahkan pihak belanda menuduh jika pihak indonesia tidak menjalankan isi perundingan Renville.

Siapa?

Belanda dan Indonesia.

Bagaimana?

Serangan terhadap kota Yogyakarta dimulai dengan pengeboman serta menerjunkan pasukan payung di kota. Di daerah-daerah lain di Jawa antara lain di Jawa Timur.

Kapan?

19-20 Desember 1948

Dimana?

Jawa dan Sumatera

Ayo Mengamati

Setelah belajar tentang sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekan, sekarang kamu akan mempelajari tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak? Amati gambar berikut!

ciri-ciri hewan

Apakah kamu mengetahui ciri-ciri hewan tersebut?

Apakah kamu juga mengetahui ciri-ciri tempat tinggalnya? Diskusikan jawabanmu secara berpasangan!

Baca Juga  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 78, 79

Kunci Jawaban Tematik Halaman 48

Tuliskan hasil diskusimu pada diagram berikut!

kunci jawaban kelas 6 tema 2 halaman 48

Kunci Jawaban Tematik Halaman 49

Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu!

Jawaban:

Ciri-ciri hewan mempunyai hubungan yang erat dengan habitatnya. Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan segala keunikan dan keistimewaannya, tidak terkecuali hewan.

Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal dengan ciri khusus.

Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.

Ayo Membaca

Pernahkah kamu mengamati bebek berenang di kolam? Mengapa bebek dapat berenang dengan baik?

Bebek

Bebek memiliki ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada di air. Ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya.

bebek

Bebek mencari makan di air, seperti kolam, sungai, sawah, atau danau yang dangkal. Bulu bebek dilapisi oleh minyak sehingga tidak basah jika terkena air. Ketika bebek keluar dari air dan berada di darat, bebek biasanya mengibas-ngibaskan bulunya sehingga air yang menempel di tubuhnya keluar. Apa yang akan terjadi jika bulu bebek tidak dilapisi minyak dan air menyerap ke tubuhnya?

Selain itu, bebek juga memiliki ciri khusus lainnya, yaitu selaput pada kakinya. Selaput tersebut digunakan untuk berenang.

Ayo Mengamati

Amati tiga hewan yang ada di sekitarmu!

Berdasarkan pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta habitatnya! Tulis laporan berdasarkan pengamatanmu!

Kunci Jawaban Tematik Halaman 50

Kamu dapat melengkapi laporanmu dengan membaca berbagai sumber bacaan. Tulis laporanmu pada tabel berikut!

kunci jawaban kelas 6 tema 2 halaman 50

Tulis kesimpulan berdasarkan hasil pengamatanmu!

Setiap hewan memiliki ciri khusus tersendiri menyeseuaikan dengan habitatnya.

Diskusikan tabel dan kesimpulanmu dalam kelompok!

Baca juga :

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban 45, 46, 48, 49, 50 Kelas 6 Tema 2 Buku Tematik Siswa. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi dimanapun kalian berada. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *